Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat

Yulianti, Elvi (2020) Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ELVI_YULIANTI_14022039_4737_2020.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurang menariknya media yang digunakan untuk mengenalkan literasi numerasi dan kurangnya minat anak dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Role Playing terhadap pengenalan literasi numerasi anak di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperiment. Populasi penelitian adalah Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat dan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling purposive yaitu B2 dan B3 masing-masing berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 87,5 dan SD sebesar 8,77 sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata adalah 78,75 dan SD sebesar 6,49. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,667 dan ttabel sebesar 2,074pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 22. Maka dapat disimpulkan bahwa role playing berpengaruh dalam pengenalan literasi numerasi pada anak di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:01
Last Modified: 22 Jul 2020 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27753

Actions (login required)

View Item View Item