Kontribusi Kekuatan Otot Tangan dan daya ledak Otot Tangan dengan Kemampuan Memanjat Kategori Speed Putra Atlet Panjat Tebing FPTI Kota Padang Pariaman

Putra, Bayu (2020) Kontribusi Kekuatan Otot Tangan dan daya ledak Otot Tangan dengan Kemampuan Memanjat Kategori Speed Putra Atlet Panjat Tebing FPTI Kota Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_BAYU_PUTRA_15086165_15086165_1231_2020.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya prestasi atlet dalam kategori speed climbing, atlet panjat tebing FPTI kota Padang Pariaman. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara Kekuatan Otot Tungkai dan Kekuatan Otot Tangan dengan Kemampuan Memanjat atlet Panjat Tebing FPTI Kota Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Atlet Panjat Tebing FPTI Kota Padang Pariaman yang berjumlah 10 orang dan semuanya adalah putra, sedangkan sampel diambil secara total sampling. Data Kekuatan Otot Tangan dengan menggunakan tes pull up, Daya Ledak Otot Tungkai dengan tes vertical jump, dan kemampuan memanjat dengan menggunakan sarana wall climbing tipe jalur speed world record. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat hubungan yang berarti antara kekuatan otot tangan dengan kemampuan memanjat, ini ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebesar 3,04%. (2) Terdapat hubungan yang berarti antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan memanjat, ini ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebesar 29,29%. (3) Tidak terdapat hubungan yang berarti antara kekuatan otot tangan dan daya ledak otot tungkai secara bersaman dengan kemampuan memanjat, ini ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebesar 31,28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:01
Last Modified: 22 Jul 2020 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item View Item