Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang.

Hasmidar, Wira (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_07_MELLY_HIDAYANTI_15035030_2780_2019.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada SMP N 5 Padang ditemui masalah bahwa sebagian besar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajar masih terpusat pada guru (Teacher centred) serta penggunaan metode dan media yang kurang sesuai dalam kegiatan pembelajaran. Untuk Mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian tentang pengaruh hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video terhadap hasil belajar IPA di Kelas VIII SMP 5 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang yang terdiri 8 kelas yaitu kelas VIII.1 sampai Kelas VIII.8 dengan jumlah siswa 250 orang. dan sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, kelas VII.8 sebagai eksperimen dan siswa kelas VII.6 sebagai kelas kontrol, masing- masingnya berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data berupa lembaran jawaban. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video 78,58 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 71,50. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 3,649 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,649 > 2,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video dibandingkan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 5 Padang. Sehingga penggunaan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Video dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:33
Last Modified: 20 Jul 2020 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27744

Actions (login required)

View Item View Item