Kontribusi Pemahaman Teks Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

Rahmah, Rahmah (2020) Kontribusi Pemahaman Teks Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAHMAH_16016044_1172_2020.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Ketiga, menganalisis kontribusi pemahaman teks berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 282 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 53 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu pemahaman teks berita sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes pemahaman teks berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur pemahaman teks berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 73,95. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 76,42. Ketiga, terdapat kontribusi pemahaman teks berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang sebesar 15,37%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman teks berita diperlukan untuk keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:32
Last Modified: 20 Jul 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27739

Actions (login required)

View Item View Item