Analisis Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Learning Community Dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Pariaman

Intan, Ayu Sri (2019) Analisis Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Learning Community Dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AYU_SRI_INTAN_4904_15053101_2019.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada materi pendapatan nasional setelah diterapkan model pembelajaran learning community pada siswa kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 5 di SMA Negeri 2 Pariaman. (2) adanya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran learning community dan konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 5 SMA Negeri 2 Pariaman. . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel purossive sampling, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Pariaman yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yaitu sebanyak 60 siswa, cara menentukannya adalah dengan cara membandingkan rata-rata hasil belajarnya. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan tes hasil belajar. Uji prasayarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Serta untuk menganalisis skor perbedaan hasil belajar digunakan uji N-Gain skor. Hasil penelitian adalah : (1) belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional setelah dilakukan treatment menunjukkan peningkatan dimana nilai ratarata pretest pada kelompok eksperimen 47,03 meningkat menjadi 81,73 atau meningkat sebesar 34,7%. Begitupun dengan kelompok kontrol meningkat dari 45,38 menjadi 77,78 atau meningkat sebesar 32,4 %. Setelah itu untuk perbedaan hasil belajar siswa menggunakan N-Gain skor didapatkan hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 34 dan kelas kontrol sebesar 32 termasuk kedalam kategori sedang. Kemudian berdasarkan uji-t dengan membandingkan thitung dengan ttabel pada hasil belajar post-test didapatkan hasil diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung 2,306 > ttabel1,67155 pada taraf α 0,05 yang berarti terdapat hasil belajar yang signifikan. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelejaran learning community dan konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:32
Last Modified: 20 Jul 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27738

Actions (login required)

View Item View Item