Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Bibliotherapy dalam Mengurangi Kecemasan Akademik Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 6 Padang

Sriferina, Olivia (2019) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Bibliotherapy dalam Mengurangi Kecemasan Akademik Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 6 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_OLIVIA_SRIFERINA_16151033_5098_2019.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Kecemasan akademik peserta didik sangat perlu dikurangi dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah tentunya perlu peran dari guru bimbingan dan konseling atau konselor untuk pemberian layanan. Salah satu layanan bimbingan konseling yaitu bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok dengan menggunakan metode bibliotherapy menjadi lebih menarik dan membuat peserta didik lebih aktif. Lebih lanjut dengan membaca buku dapat mempengaruhi kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan metode bibliotherapy dalam mengurangi kecemasan akademik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 6 Padang (Kelompok eksperimen) dan peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang (Kelompok Kontrol). Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian sepuluh orang dengan kategori kecemasan akademik tinggi, sedang dan rendah. Instrument yang digunakan yaitu skala kecemasan akademik dengan model skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS versi 20.00. Data dianalisis menggunakan teknik statistic non parametik yang menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi20.00. Temuan penelitian ini yakni: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan akademik peserta didik eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan metode bibliotherapy. (2) Tidak terdapat perbedaan kecemasan akademik peserta didik kelompok kontrol (pretest) dan (posttest). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan akademik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih rendah daripada kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan metode bibliotherapy efektif dalam mengurangi kecemasan akademik peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:32
Last Modified: 20 Jul 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27735

Actions (login required)

View Item View Item