Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Suku Bunga, Inflasi dan Instrumen Pembayaran Terhadap Kecepatan Perputaran Uang di Indonesia

Meilani, Magfirah Ayu (2019) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Suku Bunga, Inflasi dan Instrumen Pembayaran Terhadap Kecepatan Perputaran Uang di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_MAGFIRAH_AYU_MEILANI_4918_15060053_2019.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variable ekonomi makro terhadap kecepatan perputaran uang di Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecepatan perputaran uang, laju pertumbuhan ekonomi, suku bunga, inflasi dan instrumen pembayaran Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda untuk melihat pengaruh variable bebas terhadap variable terikat yang dapat dilihat dari data kuartalan dari tahun 2009 hingga tahun 2018 yang dikumpulkan melalui dokumentasi dari instansi pemerintah terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kecepatan perputaran uang di Indonesia. (2) Suku bunga memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kecepatan perputaran uang di Indonesia. (3) Inflasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kecepatan perputaran uang di Indonesia, sedangkan (4) Instrumen pembayaran memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap kecepatan perputaran uang di Indonesia. (5) Secara bersama-sama pertumbuhan ekonomi, suku bunga, inflasi dan instrumen pembayaran berpengaruh terhadap kecepatan perputaran uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:32
Last Modified: 20 Jul 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item View Item