Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Kusnindra, Hari (2020) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HARI_KUSNINDRA_1300787_1288_2020.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) tahap pelaksanaan pendekatan saintifik yang dilakukan guru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, (2) kendala-kendala yang dihadapi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dalam melakukan pendekatan saintifik, dan (3) tidak lanjut yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia untuk mengatasi kendala-kendala dalam melaksanakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, secara keseluruhan pelaksanaan pendekatan saintifik sudah dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Kedua, kendala yang dialami guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat antara lain keterbatasan waktu, sarana dan prasarana, dan sosialisasi pendekatan saintifik yang masih minim. Ketiga, tindak lanjut yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia untuk mengatasi kendala dalam menerapkan pendekatan saintifik antara lain mengikuti seminar atau sosialisasi Kurikulum 2013, bertanya kepada guru-guru yang berpengalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:31
Last Modified: 20 Jul 2020 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27724

Actions (login required)

View Item View Item