Identifikasi Pengaruh Peran Intellectual Capital terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Perbankan di Kota Padang

Linda, Muthia Roza and Fitria, Yuki (2018) Identifikasi Pengaruh Peran Intellectual Capital terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Perbankan di Kota Padang. Project Report. FE UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_546_lapakh_Megawati_PDP_FE_LaporanAkhir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mayoritas organisasi bisnis dewasa ini kurang efektif dalam mencapai tujuan bisnisnya, karena dalam menjalankan usahanya lebih cenderung berfokus pada besarnya peranan modal financial (financial capital) dari pada modal intelektual (intellectual capital) yang mereka miliki. Kenyataan menunjukkan bahwa beberapa perusahaan multinasional yang menguasai perekonomian dunia pada era globalisasi sangat ditentukan oleh kemampuan mereka dalam mengelola modal intelektual. Modal intelektual dari sumberdaya manusia yang dimiliki organisasi dapat dilihat dari kualitas ide-ide, informasi, pengetahuan dan keahlian serta komitmen yang mereka miliki. Apabila kompetensi-kompetensi yang dimiliki karyawan itu memperoleh peluang yang besar untuk mengaktualisasikan dan mengintegrasikannya ke dalam proses manajemen, maka modal intelektual ini diyakini akan meningkatkan kemampuan asset secara signifikan baik terhadap peningkatan profit, kinerja, kepuasan kerja, kepuasan pelanggan maupun pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi. Sektor perbankan merupakan salah satu sektor, memanfaatkan modal intelektual cukup intensif. Modal intelektual merupakan modal jangka panjang yang terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas, cara berhubungan yang baik dan berkelanjutan, serta organisasi yang baik untuk memberikan nilai tambah dalam perekonomian. Menurut Bontis et all (2000) modal intelektual dapat diklasifikasikan dalam 3 kelompok yaitu modal manusia (human capital), modal struktural (structural capital) dan modal pelanggan (customer capital). Dengan modal intelektual yang memadai, diharapkan karyawan dapat menyumbangkan semua potensi dan kemampuan yang dimiliki untuk meningkatkan kinerjanya dan apabila ini dihargai dengan memadai oleh pihak manajemen, maka karyawan ini akan merasakan adanya kepuasan dalam bekerja. Banyak riset sebelumnya memperlihatkan bahwa intellectual capital berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan pada organisasi. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh human capital terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang. 2) Bagaimana pengaruh structural capital terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang. 3) Bagaimana pengaruh customer capital terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah pengujian hipotesis dengan menggunakan metode survei. Dimana data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada 7 perusahaan perbankan konvensional di Kota Padang yang berjumlah 1.292 orang. Sampel ditetapkan teknik cluster proportional random sampling dan berjumlah 306 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi berganda melalui program SPSS. Hasil pengujian menunjukkan dukungan terhadap hipotesis bahwa human capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang. Selanjutnya customer capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada perusahaan perbankan di Kota Padang. Namun hipotesis kedua tidak terdukung, bahwa structural capital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada perusahaan perbankan di Kota Padang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jul 2020 10:51
Last Modified: 17 Jul 2020 10:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

View Item View Item