Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS dengan Strategi Pembelajaran Diskusi Kelas VIII SMP Negeri 27 Pekanbaru.

Agusmir, Agusmir (2019) Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS dengan Strategi Pembelajaran Diskusi Kelas VIII SMP Negeri 27 Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AGUSMIR_51901_2248_2019.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pembelajaran dengan strategi diskusi apakah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa IPS kelas VIII SMP Negeri 27 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research), yaitu penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Upaya perbaikan dilakukan dengan melaksanakan tindakan untuk mencari jawaban atas permasalahan yang diangkat dari kegiatan tugas sehari-hari di dalam kelas. Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut: Setiap siklus terdiri atas tahapan , Perencanaan, tindakan, Pemberian tindakan, Observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini dipaparkan secara deskriptif, dan disajikan melalui uraian verbal, dilengkapi dengan tabel, gambar, dan foto-foto. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Penggunaan model pembelajaran metode diskusi dapat meningkatkan aktifias belajara siswa kelas VIII SMP N 27 Pekanbaru. Peningkatan Motivasi siswa dibuktikan dengan adanya penambahan atau peningkatan Motivasi siswa dari rata-rata 47,50% pada siklus I menjadi 72,50% pada siklus II dengan rata-rata peningkatan secara keseluruhan sebesar 25%. Peningkatan ini bersifat positif terhadap Motivasi belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 27 Pekanbaru. Hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 69,50 pada siklus I menjadi 87,50 pada siklus II dengan rata-rata peningkatan secara keseluruhan 18,0.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:41
Last Modified: 17 Jul 2020 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27717

Actions (login required)

View Item View Item