Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Usaha dan Energi, Impuls dan Momentum

Ardiva, Andini (2019) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Usaha dan Energi, Impuls dan Momentum. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANDINI_ARDIVA_17175036_2190_2019.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan belajar abad 21 menuntut pembelajaran berbasis ICT dengan sumber belajar yang bervariatif dan mampu mengaitkan pembelajaran dengan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya menunjukkan kegiatan tersebut sukar dilakukan oleh guru dan siswa hanya pada jam tatap muka saja, khususnya bagi siswa yang melaksanakan pengayaan atau siswa yang nilainya berada di atas KKM. Salah satu solusinya adalah mengembangkan e-modul fisika berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul fisika berbasis CTL yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X pada materi usaha dan energi, impuls dan momentum. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan mencakup lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan, dan lembar uji efektivitas. Uji efektivitas menggunakan lembar penilaian keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis N-gain. Hasil analisis kurikulum, analisis konsep dan materi, analisis peserta didik dan analisis sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung perlunya dilakukan pengembangan e-modul fisika berbasis CTL, kemudian hasil analisis sumber belajar dan analisis keterampilan proses sains yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian pada tahap desain dihasilkan e-modul fisika yang dirancang dengan berbasis contextual teaching and learning. Hasil pada tahap pengembangan dengan hasil validitas menurut ahli pembelajaran dan ahli fisika berturut-turut adalah 86,67 dan 79,17 dan hasil pratikalitas menurut guru dan siswa adalah 95,50 dan 87,73. Hasil tahap implementasi e-modul fisika memenuhi kriteria efektif yang ditandai dengan gain score keterampilan proses sains siswa sebesar 0,7 yang dikategorikan sedang. Tahap evaluasi memiliki dua tahap yakni evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif didapatkan dari hasil evaluasi tahap analiysis, design, development dan implementation. Evaluasi sumatif dilakukan pada tahap akhir. E- modul fisika berbasis contextual teaching and learning memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Oleh sebab itu e-modul fisika ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2020 02:36
Last Modified: 17 Jul 2020 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27711

Actions (login required)

View Item View Item