An Analysis of Students’ Ability in Summarizing Reading Passage in Critical Reading Class

Chayani, Dwi (2020) An Analysis of Students’ Ability in Summarizing Reading Passage in Critical Reading Class. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DWI_CHAYANI_15018063_584_2020.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris tahun 2017 dalam membuat ringkasan terhadap sebuah teks reading di mata kuliah Critical Reading. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 27 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Siswa diberikan sebuah teks reading, yang berjudul "Euthanasia" terdiri dari 5 paragrap sebanyak 671 kata. Siswa diminta untuk membaca teks tersebut, dan kemudian menuliskan ringkasannya. Data penelitian ini berupa interpretasi dari hasil tes siswa. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam membuat ringkasan adalah sedang/rata-rata. Hal ini dibuktikan oleh seluruh siswa hanya mampu mendapatkan nilai antara 55-79%. Hal ini dikarenakan sebanyak 24 (89% dari 27 siswa) siswa memiliki kesulitan dalam pemilihan vocabulary dan paraphrasing. Mereka memiliki kosa kata yang terbatas dan tidak bervariasi. Kemudian, sebanyak 17 (60% dari 27 siswa) siswa mengalami kesulitan pada grammar. Mereka cenderung terbiasa menulis kalimat dengan menggunakan pola struktur grammar yang salah. Serta sebanyak 15 (55% dari 27 siswa) merasa kesulitan dalam menentukan main idea.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:39
Last Modified: 17 Jul 2020 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27709

Actions (login required)

View Item View Item