Efektivitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 5 Padang.

Wardaningsih, Wardaningsih (2019) Efektivitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 5 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WARDANINGSIH_17138048_4957_2019.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi terhadap siswa kelas XII Jurusan Listrik di SMK N 5 Padang pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik, menunjukkan bahwa pembelajaran Instalasi Motor Listrik belum efektif, maka dari itu diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas XII Jurusan Listrik SMK N 5 Padang yang berjumlah 57 orang siswa. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII Jurusan Listrik SMK N 5 Padang dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan dengan instrument tes dan instrumen non-tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning efektif meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:39
Last Modified: 17 Jul 2020 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27708

Actions (login required)

View Item View Item