Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP

Nisa, Ize Meidia (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IZE_MEIDIA_NISA_16205066_1420_2019.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, kemampuan pemecahan masalah perlu ditekankan dan dikembangkan pada proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Fakta di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan, dan penilaian. Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Pada fase terakhir, perangkat pembelajaran diujicobakan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap pelaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik dan guru. Kefektifan dilihat dari hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning untuk kelas VII SMP Semester 1 yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:39
Last Modified: 17 Jul 2020 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27707

Actions (login required)

View Item View Item