Dampak Sarana dan Prasarana Pembelajaran Seni Budaya terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Kota Pariaman

Julita, Windi Rezkia (2020) Dampak Sarana dan Prasarana Pembelajaran Seni Budaya terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WINDI_REZKIA_JULITA_15023038_589_2020.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak sarana dan prasarana pembelajaran di bidang seni budaya, mendeskripsikan prestasi peserta belajar seni budaya siswa dan mendeskripsikan dampak sarana dan prasarana pembelajaran seni budaya terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Kota Pariaman Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP N 4 Pariaman yang mengikuti pembelajaran musik nusantara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penyajian data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 4 Pariaman masih belum lengkap sehingga dalam proses pembelajaran, terutama pada saat praktek dengan peralatan seni budaya tidak semua siswa bisa melakukan praktek. Alokasi dana dari sekolah untuk kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran seni budaya masih kecil sehingga tidak semua perencanaan pengadaan sarana prasarana pembelajaran seni budaya yang disetujui oleh sekolah. Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya belum mencapai target yang diharapkan karena masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Untuk mengatasi kendala dalam keterbatasan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran seni budaya, guru telah mengupayakannya dengan cara meningkatkan peran aktif siswa dalam menambah wawasan dengan mangakses media internet dan juga menambah jam pelajaran tambahan untuk memanfaatkan keterbatasan waktu praktek yang diakibatkan oleh kurang mencukupinya peralatan seni budaya yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:39
Last Modified: 17 Jul 2020 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27706

Actions (login required)

View Item View Item