Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Taman Kanak-kanak Berbasis Aktivitas Bermain

Akhiruddin, Muthia (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Taman Kanak-kanak Berbasis Aktivitas Bermain. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUTHIA_AKHIRUDDIN_17199105_4905_2019.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini kurang bervariatif dan kurang terlaksananya pembelajaran motorik kasar di Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran motorik kasar Taman Kanak-kanak berbasis aktivitas bermain. Penelitian dan pengembangan (research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian murid Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Kecamatan Koto Tangah sebanyak 38 orang. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, interview, dokumentasi, angket dan tes motorik kasar. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut, kemampuan motorik berada dalam ketegori cukup, aktivitas bermain peserta didik berada dalam kategori cukup, persepsi orangtua berada dalam kategori cukup, dan persepsi guru berada dalam kategori cukup. Pengembangan model pembelajaran motorik kasar Taman Kanak-kanak berbasis aktivitas bermain sebagai modal dasar pengembangan karakter sesuai dengan penjelasan dan tujuan pembelajaran. Model pembelajaran motorik kasar Taman Kanak-kanak berbasis aktivitas bermain sebagai modal dasar penanaman karakter sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:39
Last Modified: 17 Jul 2020 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item