Efektivitas Permainan Engklek terhadap Keseimbangan Tubuh dan Koordinasi Mata dan Kaki pada Anak Tunagrahita Ringan di Sekolah Luar Biasa Permata Bunda Kabupaten Padang Pariaman

Mutiara, Cindi Novia (2020) Efektivitas Permainan Engklek terhadap Keseimbangan Tubuh dan Koordinasi Mata dan Kaki pada Anak Tunagrahita Ringan di Sekolah Luar Biasa Permata Bunda Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CINDI_NOVIA_MUTIARA_16086011_222_2020.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Lemahnya keseimbangan pada Anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Permata Bunda . Hal ini diduga disebabkan karena tidak ada latihan untuk memicu meningkatkan keseimbangan pada anak tunagrahita ringan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek terhadap keseimbangan tubuh dan koordinasi mata dan kaki pada anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Permata Bunda tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa-siswi tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Permata Bunda sebanyak 15 orang. Teknik penarikan sampel penelitian ini adalah sampling jenuh dimana keseluruhan dari populasi menjadi sampel.Untuk mengukur keseimbangan dan koordinasi mata dan kaki menggunakan permainan engklek . Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil Penelitian terdapat dua hipotesis penelitian, yaitu: 1.)Terdapat efektivitas yang signifikan pada permainan engklek terhadap kemampuan keseimbangan tubuh pada anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Permata Bunda Kabupaten Padang Pariaman, di peroleh thitung (4,53) > ttabel (1,77). 2.)Terdapat Efektivitas yang signifikan pada permainan engklek terhadap koordinasi mata kaki pada anak tunagrahita ringan di SLB Permata Bunda Kabupaten Padang Pariaman. Diperoleh Thitung (3,51) > Ttablel (1,77).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:12
Last Modified: 16 Jul 2020 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item