Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbatuan LKPD Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPNegeri 5 Padang.

Yenni, Irma (2019) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbatuan LKPD Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPNegeri 5 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IRMA_YENNI_16177018_1427_2019.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya secara optimal kompetensi belajar peserta didik di SMPN 5 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan mengimlementasikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan LKPD. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sabjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII7 SMPN 5 Padang semester genap tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 32 orang. Teknik pengumpilan data berupa lembar observasi kompetensi sikap dan keterampilan, lembar evaluasi kompetensi pengetahuan, dokumentasi, serta catatan lapangan. Data hasil pengamatan kompetensi dianalisis secara dekkriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan LKPD dapat meningkatkan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik dari siklus 1 sampai siklus II. Rata- rata persentase ketuntasan kompetensi sikap pada siklus I adalah 78% (cukup baik), meningkat menjadi 92% (sangat baik) pada siklus II. Rata-rata persentase kompetensi keterampilan pada siklus I sebesar 72% ( cukup baik) meningkat menjadi 81% (baik). Hasil evaluasi pengetahuan pada siklus I adalah 78% meningkat menjadi 94% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan LKPD dapat meningkatkan kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VIISMPN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:12
Last Modified: 16 Jul 2020 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27687

Actions (login required)

View Item View Item