Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang

Suenti, Yolmi (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YOLMI_SUENTI_15016033_1257_2020.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasinoal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 192 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proposional random sampling 25% dari populasi, yaitu 48 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 81,35. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 77,15. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Jadi, disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa, semakin tinggi pula keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:50
Last Modified: 15 Jul 2020 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27666

Actions (login required)

View Item View Item