An Analysis of Lecturers’ perception toward the Interactive E-book Used in Advanced Grammar at English Department of Universitas Negeri Padang

Zakiyah, Muflihatuz (2020) An Analysis of Lecturers’ perception toward the Interactive E-book Used in Advanced Grammar at English Department of Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUFLIHATUZ_ZAKIYAH_15018007_751_2020.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Dijadikannya Bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling disenangi di era digital dan tuntutan akan ketersediaan jenis buku yang beragam (seperti buku teks, jurnal, dan buku elektronik (e-book), dll) untuk memenuhi salah satu syarat untuk menjadi universitas kelas dunia menginspirasi beberapa dosen grammar di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Negeri Padang mengembangkan sebuah e-book Advanced Grammar interaktif. Akan tetapi, pengembangan e-book interaktif tersebut belum sampai pada tahap evaluasi. Untuk melihat apakah e-book interaktif tersebut didesain sesuai kriteria dan kebutuhan pengguna, umpan balik dari para dosen grammar lainnya terhadap e-book interaktif tersebut sangatlah dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi dosen terkait terhadap antar muka (interface), interaktifitas, konten/ isi materi-materi pembelajaran, soal-soal latihan, dan kegunaan dari e-book interaktif tersebut. Studi survey ini melibatkan enam dosen grammar di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, UNP yang bersedia dan mau berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner berisi 70 item dan diikuti dengan 4 skala didistribusikan kepada dosen terkait. Data penelitian dianalisa dengan menemukan skor rata-rata dari masing-masing item. Kemudian, skor rata-rata tersebut dikonversikan ke dalam tingkat persepsi. Sebagai hasilnya, dosen memiliki persepsi positif terhadap e-book grammar interaktif tersebut dilihat dari kelima aspek tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa saran yang diberikan oleh dosen yang memberi respon negatif di kuesioner. Dari temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada sedikit pengembangan yang dibutuhkan terhadap e-book grammar interaktif berdasarkan persepsi dosen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:50
Last Modified: 15 Jul 2020 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27665

Actions (login required)

View Item View Item