Analisis Resiko dan Pemetaan Sekolah Terpapar Bencana Tsunami untuk Keberlanjutan Pendidikan di Kawasan Zona Merah Kota Padang

Syahar, Fitriana and Frananda, Hendry (2018) Analisis Resiko dan Pemetaan Sekolah Terpapar Bencana Tsunami untuk Keberlanjutan Pendidikan di Kawasan Zona Merah Kota Padang. Project Report. FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_572_lapakh_LaporanAKhir_FitrianaSyahar_UNP.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Melalui penelitian dilakukan pengukuran tingkat resiko dan pemetaan sekolah terpapar bencana tsunami di zona merah Kota Padang. Disamping itu, alasan yang sangat penting dari penelitian ini adalah untuk keberlanjutan pelaksanaan pendidikan di kawasan zona merah, karena sebagian besar atau >40% penduduk Kota Padang beraktivitas dan bermukim di wilayah bagian barat atau di zona merah. Otomatis terdapat fasilitas pelayanan publik termasuk gedung – gedung sekolah di zona ini. Berdasarkan observasi awal, data – data terkait sekolah terpapar masih kurang, seperti data warga (karakteristik demografi) selingkungan sekolah di zona merah, sarana prasarana sekolah khususnya terkait mitigasi bencana tsunami belum tersedia. Didasari kondisi ini juga diharapkan adanya kebijakan terkait sekolah terpapar untuk mengurangi resiko bencana tsunami tsunami di zona merah Kota Padang. Sasaran penelitian adalah seluruh warga dilingkungan sekolah terpapar di zona merah. Sampel ditentukan melalui Formula Krajcie and Morgan adalah 150 dengan populasi penelitian adalah jumlah seluruh sekolah yang ada di zona merah sebanyak 260. Asumsi bahwa ketinggian gelombang tsunami adalah sama mencapai pantai digunakan sebagai ukuran tingkat resiko. Untuk ketinggian genangan secara spasial dapat diperoleh dengan mudah menggunakan analisis kontur. Dengan tools tersebut dapat ditentukan sekolah yang paling tinggi hingga rendah berpotensi rawan tsunami yang juga mempertimbangkan kesiapsiagaan warga sekolah. Pemetaan sekolah menggunakan terapan GIS (Geography Information System). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 260 sekolah terpapar tsunami di zona merah Kota Padang, dengan identitas tingkatan sekolah beragam, mulai dari TK hingga SMA sederajad. Persentase sekolah yang beresiko tertinggi 37%, sedang 42% dan rendah 21%. Sekolah dengan tingkat resiko terpapar tsunami tertinggi di sebabkan oleh kerentanan fisik bangunan sekolah tidak memiliki shelter terdekat atau shelter di gedung sendiri. Sedangkan kerentanan sosial dari rasio guru dan siswa yang tinggi, pendidikan mitigasi rendah, reaksi dini rendah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:50
Last Modified: 15 Jul 2020 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item View Item