Pelaksanaan Kegiatan Posyandu dalam Meningkatkan Kesehatan Batita di Tanjung Batang Kapas Inderapura Barat Kecamatan Pancung Soal

Sari, Venta Yulia (2019) Pelaksanaan Kegiatan Posyandu dalam Meningkatkan Kesehatan Batita di Tanjung Batang Kapas Inderapura Barat Kecamatan Pancung Soal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_VENTA_YULIA_SARI_15022111_5757_2019.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurang optimal pelaksanaan kegiatan Posyandu dalam meningkatkan kesehatan batita di Tanjung Batang Kapas Inderapura Barat Kecamatan Pancung Soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu dalam meningkatkan kesehatan batita melalui kegiatan, (a) penimbangan, (b) pemberian makanan pendamping ASI dan vitamin A, (c) pemberian makanan pendamping pada anak berat badan kurang dan pertumbuhan tidak cukup, (d) imunisasi, (e) pemantauan kejadian ISPA dan diare, serta dilihat dari (f) kesehatan anak (anak sehat). Jenis penelitian Survei Kuantitatif. Populasinya seluruh masyarakat Tanjung Batang Kapas yang memiliki anak batita yang berjumlah sebanyak 36 orang, sampel diambil 100% dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Alat pengumpulan data menggunakan lembaran daftar pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Posyandu dalam meningkatkan kesehatan batita di Tanjung Batang Kapas Inderapura Barat melalui kegiatan (a) penimbangan dilaksanakan kadang-kadang dan tidak pernah, (b) pemberian makanan pendamping ASI dan Vitamin A dilaksanakan kadang-kadang dan tidak pernah, (c) pemberian makanan pendamping pada anak berat badan kurang serta pertumbuhan tidak cukup dilaksanakan kadang-kadang dan tidak pernah, (d) imunisasi dilaksanakan kadang-kadang dan tidak pernah, (e) pemantauan kejadian ISPA dan diare kadang-kadang dan tidak pernah dilaksanakan, serta dilihat dari (f) kesehatan anak (anak sehat), masih banyak anak mengalami gangguan kesehatan sehingga dikategorikan anak kurang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:31
Last Modified: 14 Jul 2020 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27648

Actions (login required)

View Item View Item