Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang

Satriawan, Rahmad (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RAHMAD_SATRIAWAN_1100845_1280_2020.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca pemahaman cerpen dan keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014-2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proportionalrandom sampling, yang mana sub sampelnya diambil 15% dari jumlah keseluruhan siswa (15%X210). Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman cerpen sebagai variabel X dan keterampilan menulis teks ulasan cerpen sebagai variabel Y. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Data penelitian adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang dan skor hasil tes keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata hitung 67,01. Kedua, keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata hitung 62,15. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel(8,38 > 1,68). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman cerpen dengan keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Padang. Dengan demikian,untuk memperoleh keterampilan menulis teks ulasan cerpen yang baik diperlukan keterampilan membaca pemahaman cerpen yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:30
Last Modified: 14 Jul 2020 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27646

Actions (login required)

View Item View Item