Komparasi Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang

Hasibuan, Rosita (2020) Komparasi Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ROSITA_HASIBUAN_16016120_130_2020.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama,mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Ketiga, menganalisis komparasi antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengandeskriptif analisis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah perbandingan dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 286 siswa yang tersebar dalam Sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana sebesar 20% menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dan tes keterampilan menulis teks cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang berada pada kualifikasi baik karena nilai rata-rata keterampilan menulis teks laporan hasil observasi secara keseluruhan berada di atas KKM kelas VII SMP Negeri 22 Padang yaitu 70. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks cerita fantasi sebesar 80,66. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 11,22 > 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:30
Last Modified: 14 Jul 2020 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item View Item