Pengembangan Bahan Ajar Sub Tema Kebersamaan di Tempat Wisata Menggunakan Model Integrated learning di kelas II Sekolah Dasar

Gusmeri, Yuni (2019) Pengembangan Bahan Ajar Sub Tema Kebersamaan di Tempat Wisata Menggunakan Model Integrated learning di kelas II Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YUNI_GUSMERI_16124089_733_2019.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Standar isi dan standar proses Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran lebih terpadu. Oleh karena itu guru berperan penting dalam mengembangkan bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pelajaran sub tema kebersamaan di tempat wisata secara utuh dan tanpa pemisah mata pelajaran. Akan tetapi, beberapa guru kurang mampu mengembangkan bahan ajar sesuai dengan yang diharapkan sehingga siswa sulit memahami pelajaran secara kesatuan yang utuh. Mengatasi hal itu, perlu diberi solusi berupa pengembangan bahan ajar menggunakan model Integrated Learning pada sub tema kebersamaan di tempat wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap: yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli 2 orang praktisi pendidikan, kemudian diuji coba secara terbatas di kelas II SD Muhammadiyah 1 Koto baru untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Tahap penyebaran dilakukan pada skala terbatas. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh tingkat validitas bahan ajar masuk pada kategori sangat valid. Kemudian, dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru, respon siswa, observasi penggunaan bahan ajar diketahui tingkat praktikalitas masuk pada kategori sangat praktis. Selanjutnya, dari hasil aktivitas siswa, penilaian Kompetensi yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakan model Integrated Learning pada sub tema kebersamaan di tempat wisata yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif digunakan di kelas II Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:30
Last Modified: 14 Jul 2020 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27637

Actions (login required)

View Item View Item