Pengembangan Materi Ajar Sejarah Bermuatan Lokal pada SMAN di Sumatera Barat

Basri, Wahidul and Hardi, Etmi (2018) Pengembangan Materi Ajar Sejarah Bermuatan Lokal pada SMAN di Sumatera Barat. Project Report. FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_582_lapakh_UNGGAHLAPORANAKHIRPENELITIAN2018-converted.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa pembelajaran Sejarah Indonesia yang bernuansa muatan lokal masih jarang diterapkan oleh para guru sejarah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Barat. Sementara itu dalam KTSP dan K-13 yang diterapkan di berbagai sekolah di Indonesia dewasa ini mengharuskan masuknya muatan lokal ke dalam pembelajaran. Mengapa hal ini terjadi dan apa solusinya ? Inilah pertanyaan pokok dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Buku Sejarah Indonesia bermuatan lokal Sumatera Barat yang dapat digunakan untuk pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA. Penelitian ini dirancang dalam dua tahun. Tahun pertama meneliti kebutuhan guru menyangkut materi Sejarah Indonesia yang bernuansa muatan lokal sesuai dengan kurikulum 2013. Selanjutnya dibuat prototype buku Sejarah Indonesia yang bermuatan lokal Sumatera Barat sebagai suplemen dari buku Sejarah Indonesia yang dikeluarkan Kemendikbud. Tahun kedua, berusaha menghasilkan sebuah produk dalam bentuk Buku teks Sejarah Indonesia yang bermuatan lokal Sumatera Barat yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bersifat R&D dengan mengikuti langkah-langkah kerja yang dirumuskan Plomp. Berdasarkan langkah-langkah penelitian yang telah dilaksanakan, pada tahun pertama telah dihasilkan Prototipe Buku Sejarah Indonesia bermuatan Sejarah Lokal Sumatera Barat untuk pembelajaran di SMA. Pada tahun kedua (tahun 2018) dilakukan uji validitas, praktikalitas dan efektifitas terhadap prototype produk. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa Buku Sejarah Indonesia bermuatan Sejarah Lokal Sumatera Barat untuk pembelajaran di SMA berada pada kategori valid. Dari uji praktikalitas ternyata hasilnya menunjukkan praktis untuk digunakan, sementara hasil uji efektifitas menunjukkan efektif saat diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Buku Teks Sejarah Indonesia bermuatan Sejarah Lokal Sumatera Barat untuk pembelajaran di SMA, valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai suplemen materi pembelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:20
Last Modified: 13 Jul 2020 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item