Penerapan Model Pembelajaran Berstruktur untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Sejarah: Tahun ke 2 dari Rencana 2 Tahun

‘Asri, Zul and Zafri, Zafri and Hastuti, Hera (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berstruktur untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Sejarah: Tahun ke 2 dari Rencana 2 Tahun. Project Report. FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
HERA _UNP_PT 2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Efektivitas merupakan salah satu permasalahan utama dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah yang memuat banyak materi seolah dipaksakan kepada peserta didik untuk dapat menguasainya secara keseluruhan. Bahkan terkadang mengabaikan kebermaknaan pembelajaran sejarah itu sendiri bagi siswa. Salah satu cara untuk pembenahan pembelajaran sejarah yaitu dengan penerapan model pembelajaran berstruktur. Pada model pembelajaran berstruktur, peserta didik dituntun untuk berpikir proses, berpikir kritis, berpikir analisis, berpikir tiga dimensi waktu, serta menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam materi sejarah yang telah dipelajari. Setelah buku ajar pembelajaran sejarah yang ditulis berdasarkan pola berstruktur di validasi oleh validator, maka pada tahun kedua penelitian adalah merevisi buku ajar sesuai saran validator ahli. Setelah revisi rampung, kemudian dilakukan uji coba terbatas buku ajar terhadap siswa, untuk menilai tingkat keefektivan buku ajar sebagai sumber belajar bagi siswa. Setelah revisi uji terbatas, kemudian buku ajar dilakukan uji terbuka dengan melaksanakan seminar penerapan model berstruktur pada beberapa daerah Tingkat Dua Provinsi Sumatra Barat. Target luaran penelitian ini yaitu publikasi ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi, dan HKI berupa penerbitan buku ajar pembelajaran sejarah sebagai luaran tambahan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif pengembangan model pembelajaran. Tahapan penelitian yaitu 1) Pengumpulan Data, 2) Desain Model, 3) Validasi Desain, 4) Revisi Desain, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi Produk, 7) Produksi Masal Produk. Keseluruhan tahapan penelitian mengacu pada metode research and development.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:20
Last Modified: 18 Mar 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item