Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Padang

Widia, Wina (2020) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WINA_WIDIA_16016042_1009_2020.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas XI SMK negeri 2 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK negeri 2 Padang. Ketiga, menjelaskan korelasi penguasaaan kosakata bidang lingkungan hidup dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 143 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang. Sampel diambil sebesar 25% menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas XI SMK negeri 2 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 77,85. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK negeri 2 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks eksplanasi sebesar 77,93. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel 4,93 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK negeri 2 Padang memiliki korelasi pada taraf siginifikan 95% yaitu thitung lebih besar daripada ttabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penguasaan kosakata siswa di bidang lingkungan hidup akan semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:43
Last Modified: 10 Jul 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item