Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Padang

Ikhsan, Hafizul (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HAFIZUL_IKHSAN_15016087_772_2020.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 192 siswa yang tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari populasi, yaitu 48 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 78,39. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 82,20. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Ho ditolak HI diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttahet 6,72 > 1,68. Jadi, disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:40
Last Modified: 01 Apr 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item View Item