Pengaruh Model Integrated dan Motivasi Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Tema 8 Kelas IV Gugus II Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Muspita, Nisa Mona (2019) Pengaruh Model Integrated dan Motivasi Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Tema 8 Kelas IV Gugus II Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NISA_MONA_MUSPITA_16124055_5853_2019.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Hal ini terjadi karena pelaksanan pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan masih terfokus pada buku guru dan buku siswa, sehingga mereka merasa bosan dan kurang termotivasi untuk belajar yang mengakibatkan kompetensi belajarnya kurang optimal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan model Integrated. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Integrated dan motivasi terhadap kompetensi belajar belajar peserta didik di kelas IV Gugus II Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan rancangan factorial design 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 04 Cubadak Air dan SDN 09 Sikapak Barat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Rondom Sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan angket. Data dianalisis dengan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi belajar peserta didik yang diajar dengan model Integrated lebih baik daripada kompetensi belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) kompetensi belajar peserta didik yang memiliki motivasi tinggi lebih baik daripada kompetensi belajar peserta didik yang memiliki motivasi rendah; (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model Integrated dengan motivasi terhadap kompetensi belajar peserta didik. Model Integrated ini dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik di kelas IV

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:23
Last Modified: 10 Jul 2020 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item View Item