Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Integral Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Sarvita, Lissa (2019) Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Integral Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LISSA_SARVITA_17205020_3983_2019.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain alur belajar topik integral kelas XI SMA dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa yang valid, praktis dan efektif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mengkombinasikan design research model Plomp dengan model Gravemeijer & Cobb. Tahapan design research dalam penelitian ini yaitu fase penelitian pendahuluan, persiapan eksperimen, fase pengembangan prototipe, pelaksanaan eksperimen, analisis restrosfektif, dan fase penilaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas desain alur belajar melalui buku guru dan buku siswa berbasis RME. Instrumen pengumpulan data yang digunakan: tes, lembar observasi, lembar wawancara, angket dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA 10 Padang. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa desain alur belajar yang diimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa dengan pendekatan RME yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid. Dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan baik dari segi isi maupun konstruk. Isi desain pembelajaran melalui alur belajar yang diimplementasikan pada buku guru dan buku siswa berpedoman pada prinsip dan karakteristik RME. Konteks permasalahan yang dimuat pada desain pembelajaran disesuaikan dengan konteks kehidupan peserta didik dan dapat membawa peserta didik melakukan proses matematisasi. Proses matematisasi merupakan salah satu fokus utama pada desain pembelajaran ini, guna melatih peserta didik untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan berdasarkan pengetahuan awal atau pengalaman. Desain alur belajar yang diimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa sudah praktis karena mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan efisien, menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran integral. Desain alur belajar yang diimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa juga telah efektif karena penggunaan desain pembelajaran ini memberikan dampak potensial terhadap kemampuan penalaran peserta didik pada topik integral. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran topik integral kelas XI SMA dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:37
Last Modified: 09 Jul 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27614

Actions (login required)

View Item View Item