Pelaksanaan Pembelajaran Teknik Vokal di Kelas VII-3 SMP Negeri 12 Sijunjung

Yunita, Shilvi (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Teknik Vokal di Kelas VII-3 SMP Negeri 12 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SHILVI_YUNITA_15023054_146_2020.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran teknik vokal di kelas VII-3 SMP Negeri 12 Sijunjung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP N 12 Sijunjung yang mengikuti pembelajaran teknik vokal. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, studi dokumentasi. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teknik vokal yang dilaksanakan oleh guru di kelas VII-3 belum berjalan dengan baik dan belum memenuhi target dari tujuan pembelajaran. Guru kurang memahami materi teknik vokal dengan baik sehingga membuat siswa kurang memahami teknik vokal tersebut. Oleh karena itu, masih ada beberapa siswa yang belum bisa bernyanyi dengan benar karena kurang latihan, kurang memahami materi dan praktek pembelajaran teknik vokal sehingga mendapat nilai yang rendah. Hasil dari praktek macam-macam teknik vokal yaitu nilai tertinggi hanya mencapai nilai 87 dan nilai terendah 58 dengan nilai rata-rata 74,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:33
Last Modified: 05 Apr 2021 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27612

Actions (login required)

View Item View Item