Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Setempat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok

Dewita, Subma (2020) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Setempat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SUBMA_DEWITA_16017071_215_2020.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda setempat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok, (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda setempat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda setempat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik perekaman, wawancara, dan observasi. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap identifikasi data; (2) tahap klasifikasi atau analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan basil klasifikasi atau analisis data; dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan Hasil penelitian, ditemukan hal-hal berikut. ( 1) Struktur ceritarakyat legenda setempatBatu Baimpikmeliputi: (a) gaya bahasa, tuturan penutur (informan) dalam cerita rakyat legenda Batu Baimpik mudah dipahami dan penutur (informan) pasif menggunakan bahasa Minangkabau dengan menggunakan dialek nagari Parambahan; (b) penokohan, yakni tokoh utama dan tokoh tambahan; ( c) latar, latar yang dimiliki cerita rakyat legenda setempat Batu Baimpikadalah latar tempat, latar waktu, dan latar sosial, ( d) alur/plot, alur/plot dalam cerita rakyat legenda setempatBatu Baimpikadalah alur konvensional, dan memiliki tiga tahap yaitu, tahap awal atau perkenalan ( beginning), tahap tengah atau pertikaian (midle), dan tahap akhir atau pelarian (end), (e) tema dalam cerita rakyat legenda Batu Baimpik adalah cinta sepasang kekasih yang tidak direstui oleh keluarga, (f) amanat. (2) Fungsi sosial cerita rakyat legenda setempat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok yaitu: (1) menghibur, (2) mendidik, (3) mewariskan, dan (3) tradisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:54
Last Modified: 06 Apr 2021 05:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27611

Actions (login required)

View Item View Item