Survei Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Ratnasari, Osyi (2020) Survei Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_OSYI_RATNASARI_16086041_76_2020.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya kemampuan teknik dasar bola voli pada siswa peserta ektrakurikuler SMP N 1 Sitiung kabupaten Dharmasraya. Permasalahan ini terlihat dari observasi ketika dalam pertandingan OSISCUP, hal ini diduga karena kurangnya latihan-latihan untuk memperlancar teknik bola voli serta kurangnya motivasi dari pelatih ektrakurikuler bola voli tersebut dan kurangnya latihan kondisi fisik untuk peserta ektrakurikuler SMP N 1 Sitiung kabupaten Dharmasraya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kemampuan teknik dasar bola voli pada peserta ektrakurikuler SMP N 1 Sitiung kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif mendeskripsikan dan memaparkan situasi yang sedang berlangsung pada saat penelitian diadakan dan tidak bermangsud menguji hipotesis. Metode variabel dalam penelitian ini adalah survei dengan teknis tes dan pengukuran kemampuan teknik dasar bola voli peserta ektrakurikuler. Semua populasi dan sampel yang berjumlah 16 siswa peserta ektrakurikuler. Untuk memperoleh data dilakukan tes pengukuran kemampuan teknik dasar bola voli peserta ektrakurikuler, teknik dasarnya yakni : servis atas, servis bawah, passing atas, passing bawah dan smash. Pengolahan data penelitian menggunakan statistik deskriptif sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase (%). Berdasarkan analisis data maka Terlihat persentase sedang (68,75%) dalam pelaksanaan tes kemampuan servis bawah bawah bola voli karena disitu terlihat hanya 11 siswa kategori sedang. Untuk tes kemampuan servis atas terlihat persentase kurang (75%) karena terdapat 12 siswa yang memperoleh nilai kurang. Dan untuk tes passing bawah terdapat persentase sedang (50%) yaitu 8 siswa yang memperoleh nilai sedang. Untuk tes passing atas terlihat presentase kurang (50%) terdapat 8 siswa yang memperoleh nilai kurang. Untuk tes smash terlihat presentase sedang (56,26%) terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai sedang. Dan untuk keseluruhan kemampuan teknik dasar bolavoli terlihat presentase sedang (68,75%) terdapat sebanyak 11 siswa yang mendapatkan kategori keseluruhan kemampuan teknik dasar bolavoli yaitu sedang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan teknik dasar bolavoli peserta ektrakurikuler SMP N 1 Sitiung kabupaten Dharmasraya dalam kategori sedang (68,75%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:36
Last Modified: 09 Jul 2020 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item View Item