Tinjauan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMK Negeri 1 Payakumbuh

Syafrullah, Syafrullah (2020) Tinjauan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SYAFRULLAH_15086242_326_2020.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Minat diartikan sebagai suatu rasa lebih suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Untuk mencapai tujuan, pihak sekolah dituntut untuk dapat mengelola segala yang berkaitan dengan minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode tinjauan dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Negeri 1 Payakumbuh, adapun sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X, XI, XII, berjumlah 46 siswa. Pemilihan sampel penelitian dilakukan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMK Negeri 1 Payakumbuh yaitu dengan kategori “baik sekali” sebanyak 16 siswa (34,78%), yang memiliki minat Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan kategori “baik” sebanyak 26 siswa (56,52%), siswa SMK Negeri 1 Payakumbuh memiliki minat Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan kategori baik sekali. Secara rinci dapat dipaparkan tiap indikatornya, pada indikator instrinsik siswa yang masuk kategori baik sekali 22 siswa (47,83%), pada indikator ekstrinsik siswa yang masuk kategori baik 19 siswa (41,30%). Secara keseluruhan dapat ditarik hasilnya bahwa Tinjauan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Payakumbuh masuk dalam kategori Baik Sekali 56,52%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:41
Last Modified: 08 Jul 2020 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27582

Actions (login required)

View Item View Item