Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Khatrin, Khatrin (2020) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_KHATRIN_16016054_1011_2020.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 252 orang dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 65,23. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,03. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2) – 2 karena thitung >ttabel, yaitu 2,10 > 1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi di tingkat SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:41
Last Modified: 06 Jul 2020 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item