Model Pengembangan Integrasi Sosial Budaya Masyarakat di Organisasi Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi (Studi pada Sukubangsa India, Cina, Makasar, Batak, Jawa, Minangkabau dan Etnis Lain di FPK Sumbar)

Naldi, Hendra and Anwar, Fuadi and Muchtar, Henni and Akmal, Akmal (2018) Model Pengembangan Integrasi Sosial Budaya Masyarakat di Organisasi Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi (Studi pada Sukubangsa India, Cina, Makasar, Batak, Jawa, Minangkabau dan Etnis Lain di FPK Sumbar). Project Report. FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_587_lapakh_2018LaporanAkhirPenelitianTerapanHendraNaldi.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Barat merupakan wakil dari semua pimpinan paguyuban etnis di Kota Padang, dan memiliki agenda pertemuan dengan semua etnis di lingkungan pemukiman, tentang pemajuan budaya, pendidikan, dan ekonomi. Tujuan penelitian tahun pertama adalah:1. mengidentifikasi bentuk-bentuk pola interaksi antara etnis India, Cina, Makassar, Batak, Jawa, dan etnis lain serta Minangkabau pada Organisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang. 2. mengidentifikasi proses asimilasi budaya masyarakat terjadi di Organisasi Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, 3. mengidentifikasi Kelompok etnis yang dominan mempengaruhi asimilasi budaya masyarakat di Organisasi Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, 4. mengidentifikasi sikap timbal balik masyarakat antara etnis India, Cina, Makassar, Batak, Jawa, dan etnis lain serta Minangkabau pada Organisasi Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, 5. mengidentifikasi manfaat asimilasi budaya beberapa kelompok etnis dalam mendukung kegiatan pembangunan di Kota Padang. Tahap selanjutnya melahirkan model pengembangan integrasi sosial budaya masyarakat di organisasi Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Barat. Metodologi penelitian mengunakan R & D, kualitatif dan dilengkapi dengan FGD untuk mendapatkan model pengembagan integrasi sosial di Indonesia. Responden penelitian pengurus dan tokoh/angota etnis dalam FPK Sumatera Barat dan daerah pemukiman etnis di kota Padang. Luaran adalah lahir model integrasi sosial, cara mengatasi benturan sosial antar etnis di kota Padang, dan dapat dipakai untuk seluruh Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:41
Last Modified: 06 Jul 2020 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27563

Actions (login required)

View Item View Item