Pengembangan Trainer Instalasi Listrik Industri sebagai Media Pratikum Bernuansa Training Within Industry bagi Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Industri Jurusan Teknik Elektro FT UNP

Elfizon, Elfizon and Asnil, Asnil and Muskhir, Mukhlidi (2018) Pengembangan Trainer Instalasi Listrik Industri sebagai Media Pratikum Bernuansa Training Within Industry bagi Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Industri Jurusan Teknik Elektro FT UNP. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_696_lapakh_Elfizon_LaporanAkhir_PPT2018.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan trainer instalasi listrik industri bernuasa training within industry yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran Pratikum Instalasi Listrik Industri Program Studi Teknik Elektro Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri padang. Trainer ini diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran khususnya untuk memahami prinsip kerja dan fungsi dari sebuah instalasi listrik motor listrik diindustri. Trainer dirancang dengan menggunakan konsep modular yaitu masing-masing komponen dibuat secara terpisah, dilengkapi dengan nama komponen, simbol serta keterangan tentang komponen sehingga dapat dengan mudah dalam penggunaan, perawatan dan yang utama adalah dapat mempermudah pemahaman dari konsep instalasi motor induksi 3 phase. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan R&D (Research & Development) sebagaimana metode ini paling efektif digunakan untuk meneliti pemberian hal baru berupa objek penelitian adalah media trainer elektronika yang dilengkapi dengan buku panduan dan Jobsheet. Tahap pengembangan produk meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk tahap uji coba produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk tahap uji coba pemaiakain, (10) produk final. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi (1) angket penelitian (2) pengujian dan pengamatan. Adapun uji kelayakan media pembelajaran menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua dosen Teknik Elektro dan Mahasiswa dalam pembelajaran Pratikum Instalasi Listrik Industri di Jurusan Teknik Elektro FTUNP. Efektifitas media trainer dilihat dari penguasaan materi oleh mahasiswa setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan media trainer.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:41
Last Modified: 06 Jul 2020 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27557

Actions (login required)

View Item View Item