Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Berbasis Permainan untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar.

Waluyo, Tri (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Berbasis Permainan untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_TRI_WALUYO_16199074_914_2019.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini masih banyaknya ditemukankelemahan-kelemahan guru dalam melakukan pelaksanaan pembelajaran gerak dasar yang variatif seperti yang dibutuhkan oleh peserta didik di sekolah dasar. Studi pendahuluan menujukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode tradisional sehinggaguru dinilai kurang variatif dalam memberikan bentuk aktifitas latihan fisik yang menyangkut pembelajaran gerak dasar atau gerak multilateral. Menyikapi hal tersebut perlu adanya variasi dalam proses pembelajaran melalui Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Berbasis Permainan untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanganmenggunakan model ADDIE(analysis, design,development, implementation,evaluation). Desain model divalidasi oleh 3 orang ahli dan 2 orang praktisi yang terdiri dari validasi model dan praktikalitas model. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan dilihat melalui analisis hasil belajar peserta didik. Hasil validasimodel pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 87.2% dengan kategorivalid. Pada praktikalitas, diperoleh hasil bahwamodel pembelajaran ini sudah praktis/baik untuk digunakan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91.5%. Hasil uji efektivitas menggunakan eksperimen (Uji-t dengan taraf signifikanα = 0.05)menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pemerolehan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model dengan sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut.Sehingga dapat disimpulkan bahwa model tersebut efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas II sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:40
Last Modified: 06 Jul 2020 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27554

Actions (login required)

View Item View Item