Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respons Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas XI Ilmu Sosial SMA X di Kota Padang

Sugiarti, Sugiarti (2020) Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respons Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas XI Ilmu Sosial SMA X di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SUGIARTI_16016040_1265_2020.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bentuk tindak tutur direktif digunakan guru bahasa Indonesia, strategi bertutur yang digunakan guru bahasa Indonesia dan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai teks proposal. Jenis penelitian ini kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Ilmu Sosial (IS) SMA Swasta X di kota Padang.Mata pelajaran dalam studi ini adalah bahasa Indonesia. Guru yang mengajar bahasa Indonesia di kelas XI IS SMA Swasta X di kota Padang adalah ibu Armalia, S.Pd dan siswa kelas XI IS SMA Swasta X di kota Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri.Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, mentransipkan data hasil rekaman ke dalam bahasa tulis. Kedua, menginventarisasi dan mengidentifikasi tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dan respon siswa saat PBM berlangsung. Ketiga, mengklarifikasikan data berdasarkan bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur dalam konteks tertentu yang direspon positif dan negatif. Keempat, menganalisis data berdasarkan bentuk tindak tutur, strategi bertutur, konteks situasi tutur, dan respon siswa. Kelima, melakukan penyimpulan data berdasarkan pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, itu disimpulkan Pertama, bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas XI Ilmu Sosial SMA X di Kota Padang adalah tindak tutur direktif menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan dan menantang. Dari kelima bentuk tindak tutur direktif tersebut yang paling banyak digunakan oleh guru bahasa indonesia pada saat Proses Belajar Mengajar (PBM) adalah tindak tutur direktif menyuruh sedangkan tindak tutur direktif yang paling sedikit digunakan adalah tindak tutur direktif menyarankan dan menantang. Kedua, Stategi bertutur yang dituturkan oleh guru di kelas XI Ilmu Sosial SMA X di Kota Padang ada empat bentuk srtategi, yaitu (a) bertutur terus terang tanpa basa-basi, (b) bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (c) bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, (d) bertutur secara samar-samar. Pada saat Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas XI Ilmu Sosial SMA X di Kota Padang guru lebih banyak menggunakan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi.Ketiga, berdasarkan respon siswa yang diberikan terhadap tindak tutur direktif guru di kelas XI Ilmu Sosial SMA X di Kota Padang siswa belum dapat merespon tuturan guru dengan maksimal dan pembelajaran masih terkesan satu arah. Kata kunci : direktif, strategi, dan respons siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:44
Last Modified: 03 Jul 2020 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27523

Actions (login required)

View Item View Item