Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Aktivitas Peserta Didik Kelas VIII SMP

Yustianingsih, Riza (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Aktivitas Peserta Didik Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIZZA_YUSTIANINGSIH_15205046_4363_2017.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

gan, masih ditemukan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belum tercapai secara optimal dan aktivitas peserta didik dalam mengikuti pelajaran matematika juga belum mendukung proses pembelajaran. Salah satu faktor penyebab adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan aktivitas peserta didik. Hal tersebutlah yang mendasari untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik dalam keterampilan memecahkan masalah dan dapat memberikan efek potensial baik terhadap aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP N 3 Sawahlunto. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp terdiri dari fase preliminary research, fase prototype dan asessment phase. Berdasarkan hasil analisis data bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan penggunaan oleh guru dan peserta didik. Perangkat pembelajaran juga telah efektif dari segi proses yaitu ketuntasan presentasi belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PBL adalah lebih besar atau sama dengan 75% sedangkan dari segi hasil, rata-rata peserta didik telah aktif dalam aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL untuk kelas VIII SMP yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:13
Last Modified: 03 Jul 2020 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item