Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Kelas X SMA/MA

Aktiva, Yelia (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Kelas X SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YELIA_AKTIVA_14205096_1628-2017.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang esensial bagi peserta didik. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan tersebut adalah perangkat pembelajaran yang tersedia belum dapat memfasilitasi kemampuan peserta didik secara optimal. Peserta didik sulit dalam menemukan konsep, dan kurang memahami masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Salah satu model pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut adalah model pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMA berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Development Research/ R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu, preliminary, prototyping dan assesment. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 2 Pulau Punjung. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap pelaksanaan pem‐ belajaran, angket peserta didik dan guru. Kefektifan dilihat dari hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis PBL kelas X Semester II yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:28
Last Modified: 02 Jul 2020 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27515

Actions (login required)

View Item View Item