Pengembangan Modul Pembelajaran Mastercam Berbasis Project pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM

Ardiyansyah, M. Iksan (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Mastercam Berbasis Project pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_M_IKSAN_ARDIYANSYAH_16138050_4967_2019.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan bahan ajar pembelajaran yang digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar, bahan ajar yang ada belum mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah modul pembelajaran mastercam dengan model pembelajaran berbasis project pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian adalah pengembangan four-D dengan langkah-langkahnya terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu sekolah, validator, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada modul pembelajaran yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah modul pembelajaran Mastercam berbasis project yang digunakan untuk pembelajaran secara langsung. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan ini adalah sebuah modul pembelajaran yang valid dengan rata-rata validitas format modul sebesar 0,85 dan validitas materi modul sebesar 0,88 dan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon guru sebesar 94,44% dan respon siswa sebesar 85,21%, serta efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 49.03% dengan kategori sedikit menjadi 85.58% dengan kategori sangat banyak dan berdampak terhadap hasil belajar yang dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 88,78% dan nilai gain score sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran mastercam yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah bahan ajar untuk pembelajaran NC/CNC dan CAM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:21
Last Modified: 02 Jul 2020 06:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27512

Actions (login required)

View Item View Item