Stuktur, Kategori dan Fungsi Teka-teki Kuling-kuling Atca pada Masyarakat Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal

Nurhasanah, Nurhasanah (2020) Stuktur, Kategori dan Fungsi Teka-teki Kuling-kuling Atca pada Masyarakat Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NURHASANAH_16017009_2020.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur teka-teki Kuling-kuling Atca pada masyarakat Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, (2) kategori teka-teki Kuling-kuling Atca pada masyarakat di Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, (3) fungsi teka-teki Kuling-kuling Atca pada masyarakat di Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah Teka-Teki Kuling-Kuling Atca pada Masyarakat Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui dua tahap. Tahap pertama, mewawancarai informan berdasarkan pertanyaan, selama wawancara berlangsung peneliti merekam apa saja yang diucapkan oleh informan. Kemudian, melakukan wawancara untuk memperoleh informasi pertanyaan tradisional rakyat. Tahap kedua, hasil rekaman akan ditranskripsi ke dalam bentuk tulis. Selanjutnya, hasil transkripsi (alih aksara) akan diterjemahkan, dari bahasa Mandailing ke dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan temuan penelitian tentang Teka-Teki Kuling-Kuling Atca pada Masyarakat Desa Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal disimpulkan bahwa struktur Teka-teki Kuling-kuling Atca ada dua, yaitu: teka-teki yang bertentangan dan teka-teki yang tidak bertentangan. Kategori teka-teki Kuling-kuling Atca pada masyarakat Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, dikelompokkan menjadi lima kategori berdasarkan sifat yang digambarkan, yaitu: (1) persamaan dengan manusia (2) persamaan dengan binatang (3) persamaan dengan benda (4) persamaan dengan tanaman (5) persamaan dengan makhluk hidup. Fungsi teka-teki Kuling-kuling Atca pada masyarakat Aek Nangali Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal yaitu: pertama, untuk menyampaikan pendidikan. Kedua, berfungsi untuk menghibur, dan menciptakan suasana ceria, sedangkan ketiga, berfungsi untuk melatih daya fikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:19
Last Modified: 02 Jul 2020 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27510

Actions (login required)

View Item View Item