Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas dari Barang Bekas Melalui Media Video Tutorial bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII di SLBN 1 Payakumbuh

Rosalia, Okta (2020) Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas dari Barang Bekas Melalui Media Video Tutorial bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII di SLBN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_OKTA_ROSALIA_15003172_5308_2020.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas XII di SLBN 1 Payakumbuh. Siswa memperoleh nilai yang rendah dalam keterampilan membuat tas dari barang bekas dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran meningkatkan keterampilan membuat tas dari barang bekas melalui media video tutorial. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah guru dan dua orang siswa tunagrahita ringan kelas XII. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdapat empat kali pertemuan. Data diperoleh melalui tes, observasi, cacatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik. Pada kemampuan awal siswa memperoleh nilai rendah yaitu 48,97% dan 44,89% sedangkan nilai rata-rata siswa setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 68,87% dan 65,30%. Pada siklus I pembelajaran siswa adalah menyebutkan dan menunjukkan nama alat dan bahan serta mempraktekkan cara pembuatan tas. Siswa mengalami kesulitan dalam menggunting dan menggunakan mesin lem tembak sehingga nilai yang diperoleh siswa pada siklus I belum memuaskan dan penelitian dilanjutkan pada siklus IL Pada siklus II nilai siswa meningkat dengan rata-rata 92,59% dan 90,04%. Pembelajaran lebih difokuskan pada kegiatan menggunting dan menggunakan lem tembak. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, siswa bisa membuat tas dari barang bekas dengan benar dan mandiri menggunakan media video tutorial. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat tas dari barang bekas bagi siswa tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2021 14:22
Last Modified: 31 Mar 2021 14:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item