Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Asnita, Asnita (2020) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ASNITA_16016046_579_2020.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 247 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning . Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 68,55. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 79,00. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H_1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)=(n_1+ n_2)-2 karena thitung>ttabel, yaitu 4,13>1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:33
Last Modified: 05 Apr 2021 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27500

Actions (login required)

View Item View Item