Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Ulfa, Zaira (2019) Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ZAIRA_ULFA_14175040_2247_2019.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Belum tersedianya modul pembelajaran fisika Terintegrasi nilai-nilai karakter untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menyebabkan kompetensi dan kemampuan peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil analisis kebutuhan pengembangan modul fisika terintegrasi nilai-nilai karakter berbasis problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada tahap define dan menghasilkan modul fisika terintegrasi nilai-nilai karakter berbasis problem based instruction untu meningkatkan pemecahan masalah dengan kriteria valid, praktis, dan efektif pada materi Kinematika Gerak. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik Jenis penelitian ini adalah research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh melalui analisis kebutuhan, validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil tahap pendefinisian diperoleh informasi bahwa perlu dilakukan pengembangan modul pada materi kinematika gerak. Hasil tahap perancangan diperoleh desain modul fisika terintegrasi nilai-nilai karakter berbasis problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pada tahap pengembangan didapatkan modul sangat valid dengan 0,83. Analisis kepraktisan berdasarkan angket respon pendidik dan peserta didik menunjukkan modul praktis dengan 0,81. Hasil uji efektivitas menunjukkan modul efektif dengan 0,83. Tahap penyebaran menunjukkan modul praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan modul terintegrasi nilai-nilai karakter berbasis problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Jul 2020 01:45
Last Modified: 02 Jul 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27498

Actions (login required)

View Item View Item