Warma, Rafika (2011) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi yang dilengkapi Mind Map dan Daftar Istilah pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X Semester II SMA Berdasarkan KTSP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RAFIKA WARMA-84017-2011.pdf [thumbnail of final_B1_RAFIKA WARMA-84017-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RAFIKA WARMA-84017-2011.pdf
Download (357kB)
Abstract
Proses pembelajaran tidak terlepas dari interaksi antara guru dan siswa,
dengan harapan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan. Oleh karena itu, guru dituntut memiliki keterampilan dasar agar
dapat membantu siswa dalam pencapaian tujuan pembelajarannya. Salah satu
keterampilan dasar yang harus dimiliki guru adalah mampu mengembangkan dan
menggunakan media pembelajaran, seperti modul. Namun, materi yang terdapat
pada modul masih sulit dipahami siswa. Solusi yang dapat diberikan adalah
dengan penambahan mind map dan daftar istilah pada modul. Berdasarkan hal
tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul
pembelajaran biologi yang dilengkapi mind map dan daftar istilah pada materi
plantae dan kemudian mengetahui validitas dan praktikalitasnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan 3-D dari 4-D models yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 3
tahap yaitu, define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari analisis
kurikulum, analisis siswa, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan
perancangan modul yang dilengkapi mind map dan daftar istilah. Pada tahap
develop dilakukan uji validitas oleh 6 orang validator dan uji praktikalitas oleh
satu orang guru biologi dan 30 orang siswa kelas XI IPA SMA. Data ini dianalisis
dengan analisis deskriptif.
Hasil uji validitas modul oleh validator menunjukkan bahwa modul ini
valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis. Hasil uji praktikalitas
modul oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa modul ini praktis ditinjau dari
aspek kemudahan penggunaan, manfaaat yang didapat, dan efisiensi waktu
pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran biologi yang
dilengkapi mind map dan daftar istilah pada materi plantae yang dihasilkan sudah
valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa kelas
X SMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27491 |