Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Ardiansyah, Aland (2020) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ALAND_ARDIANSYAH_15016079_1084_2020.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 288 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 54 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,41. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 77,37. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang sebesar 62,77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:26
Last Modified: 30 Jun 2020 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item