Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kec. Ipuh

Astuti, Welly (2019) Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kec. Ipuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WELLY_ASTUTI_17124125_6072_2019.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Gugus 1 Kecamatan IpuhMukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN kelas III Gugus 1 Kecamatan IpuhMukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, SDN Gugus I Kecamatan Ipuh Mukomuko tahun pelajaran 2019/2020 dan sebagai kelas sampel yaitu kelas III SDN 05 IpuhTanjung Jaya sebagai kelas eksperimen dan kelas III SDN 10 IpuhPT Agro sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor angket motivasi belajar dan nilai hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui pretest dan posttest, angket dalam bentuk pernyataan dan soal dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode biasa saja. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata nilai pretest hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (hasil belajar eksperimen = rata-rata 75, kontrol = rata-rata 70,2777778). Begitu juga dengan nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (hasil belajar eksperimen = rata-rata 87,5, kontrol = rata-rata 86,94444444). Dari hasil uji hipotesis pretest dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung> ttabel= 37,690>1,69092. Begitupun dengan hasil hasil uji hipotesis postestt dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung> ttabel= 2,48567>1,69092. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)danmotivasi berpengaruh terhadaphasil belajar siswa kelas III SDN Gugus 1 Kecamatan Ipuh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:36
Last Modified: 30 Jun 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27483

Actions (login required)

View Item View Item